Shine BnB, Menikmati Hotel Tematik di Cianjur dan Sajian Kuliner Kopi Khas Ujala Cafe

Dulu sebelum ada tol Cipularang, cukup sering lewat Cianjur karena setiap kali ke Jakarta ya harus lewat Cianjur. Nggak terbesit pikiran untuk menginap di Cianjur karena memang kotanya lebih buat stop by saat perjalanan Bandung-Jakarta dan sebaliknya. Kalau pun berhenti biasanya hanya untuk sekedar melepas lelah, lapar/dahaga, atau mengikuti keinginan jajan oleh-oleh… šŸ˜šŸ˜šŸ˜

Nah, waktu tahu ada Shine BnB Cianjur dari sesama traveller (youtuber) lain Sejelajah, pikir-pikir keren juga sekarang Cianjur sudah ada hotel berkonsep BnB (Bed and Breakfast) dengan tampilan yang unik pula! Yang kami tahu, sejauh ini Shine BnB satu-satunya penginapan dengan konsep tematik di kota Cianjur. Buat tahu lebih detail tentang Shine BnB, kita bahas pada review kali ini yahh...

Lokasi Strategis

Lokasi Shine BnB berada di pusat kota Cianjur yang mudah dicapai dari jalan raya besar Bandung-Puncak-Cipanas. Kalo teman-teman tahu pertigaan Tugu Tauco Cianjur, nah tugu ini jadi patokan paling gampang untuk mencapai Shine BnB. Kalian harus masuk ke Jl. HOS Cokroaminoto yang merupakan jalan utama menuju Alun-alun Kota Cianjur yang ramai dikunjungi penduduk lokal atau pun wisatawan dari luar kota karena alun-alunnya cantik setelah dipugar. Sayang waktu kami ke Cianjur, Alun-alun Kota Cianjur sedang ditutup akibat pandemi. Maybe next time kami bisa ngeliat langsung alun-alun inihh…

Kiri: Alun-Alun Cianjur (Sumber: Radar Cianjur) – Kanan: Tugu Tauco Cianjur (Sumber: Detik.com)

Kami sendiri cukup familier dengan Jl. HOS Cokroaminoto sebab sering berburu kuliner khas Cianjur yang ada di sepanjang jalan ini (buat teman-teman yang ingin tahu kuliner wajib coba di Cianjur, bisa baca di sini). Dari Tugu Tauco ini hanya butuh waktu 5-10 menit untuk mencapai Shine BnB Cianjur. Mau ikuti pentunjuk Google Map juga bisa, titik lokasinya tepat kok.. kalian nanti akan diarahkan belok kanan ke jalan kecil, yaitu Jl. Moch. Toha, dan kemudian masuk ke Jl, Selamet di mana Shine BnB berada. Singkat dan tepat sasaran! šŸ˜šŸ˜šŸ˜

Lobby Bergaya Rustic Industrial

Di depan gedung hotelnya terpampang besar logo Shine BnB yang kalo malam diterangi oleh lampu LED sehingga menonjol dan mudah untuk dicari. Area parkirnya ada di depan dan selalu dijagai selalu petugas. Memang parkirannya tidak luas, masuk sekitar belasan mobil, dan sebagian besar outdoor. Parkir indoor-nya cukup untuk tiga mobil.

Begitu turun dari mobil, gaya rustic industrial Shine BnB Cianjur begitu terasa dari pemilihan dinding bata dan juga penggunaan bahan kayu pada mebel-mebelnya. Suasana industri juga terlihat dari ornamen-ornamen yang dipakai seperti spare part bekas industri yang dibentuk menjadi hiasan dinding atau pajangan ruangan. Lantainya juga model unfinished cement flooring di sebagian besar area lobby. Menarik kan!

Proses check-in di Shine BnB Cianjur juga nggak pake ribet. Karena kami sudah booking kamar, petugas receptionist hanya meminta kartu identitas dan juga menulis data pribadi berupa handphone saja. Selebihnya kami langsung diberi room key card. Oh ya, seluruh area umum di Shine BnB wajib menggunakan masker. Pengumuman tentang penggunaan wajib masker dipasang di beberapa tempat. Termasuk kursi tunggu di lobby juga ditempelkan cross menggunakan stiker menandakan harus menjaga jarak. Juga di beberapa spot area publik disediakan botol hand sanitizer.

Aesthetic Family Room

Pada hari pertama kami menginap di Shine BnB, kami mendapat kamar di lantai 1, yaitu tipe Aesthetic Family Room. Untuk info saja, Shine BnB Cianjur memiliki 5 tipe kamar. Yang paling standar adalah Vintage Room (tersedia untuk 1 orang maupun 2 orang). Tipe di atasnya adalah Monochrome Duplex, lalu Pop Art (tersedia dengan kasur twin maupun double bed). Nah, Aesthetic Family Room ini adalah tipe kamar keempat. Sementara tipe kamar paling tinggi adalah Retro Duluxe Room yang akan kami bahas di bagian lain review ini. Total seluruh kamarnya ada 32 kamar.

Aesthetic Family Room luasnya 18m2, punya satu kasur queen dan satu single bed. Perlengkapan kamarnya antara lain air conditioner, TV LED, dan tentunya free WIFI access yang bisa diakses menggunakan login dan password. Selain itu, disediakan bathroom shower dengan air hangat beserta bathroom amenities seperti hairdyer, sikat dan pasta gigi, dan shower cap. Sementara untuk bath gel dan shampoo disediakan dalam wadah dispenser.

Tamu yang menginap di sini mendapat jatah air mineral dan coffee/tea facilities termasuk slipper buat tiga orang. Ini juga termasuk breakfast yah… Dari segi fasilitas, kamar Shine BnB Cianjur lengkap dan nyaman. Luasnya pas untuk digunakan menginap bersama keluarga.

Buat teman-teman yang mau lihat lebih jelas suasana kamar Aesthetic Family Room bisa kepoin video room tour berikut yahh…

Mural dan Public Area

Hal menarik lainnya dari Shine BnB Cianjur adalah di setiap sudut dinding hotel, bisa ditemukan mural art berkonsep technology, selaras dengan tema rustic industrial-nya. Dari mulai area lobby, cafe, dan lorong-lorong kamar. Bahkan setiap kamar dilukis dengan mural yang berbeda-beda. Menurut info, pelukis muralnya anak ITB Bandung yang sentuhan nyeninya asyikBuat kalian yang senang berfoto untuk eksis di medsos, Shine BnB Cianjur cocok banget nih.. Nggak heran Shine BnB dan cafenya, Ujala Cafe, sering dipakai untuk pemotretan model atau pun pre-wedding.

Public area Shine Bnb CIanjur ada di dua lantai. Lantai 1 meliputi Ujala Cafe dan lobby Shine BnB. Sementara di lantai 2 terdapat communal area (area untuk berkumpul bersama teman/saudara). Area ini punya dua sofa panjang dan dua kursi malas. Buat kalian yang merokok, bisa memanfaatkan communal area karena setiap kamar di Shine BnB Cianjur adalah no-smoking room (jika ketahuan merokok di dalam kamar kalian bisa dikenai denda). Communal area juga disediakan dispenser air mineral, hand sanitizer, dan banyak bacaan majalah. Selain itu, buat teman-teman Muslim yang ingin menunaikan ibadah sholat, bisa menggunakan mushola yang ada di dekat area ini.

Tidak jauh dari communal area terdapat green area public outdoor. Kami sebut green karena memang suasananya banyak tanaman hijau dan juga beralaskan rumput sintetis. Green area ini bisa digunakan untuk menyantap makanan yang dipesan di cafe atau breakfast. Mau ngopi sambil menikmati udara kota Cianjur, juga bisaa…šŸ˜ŠšŸ˜ŠšŸ˜Š

Sebelum bahas kamar tipe selanjutnya, kita lihat yuk, overview tour hotel Shine BnB berikut… seru lhoo…

Retro Deluxe Room

Di hari kedua staycation di Shine BnB Cianjur, kami mencoba kamar tipe tertinggi, yaitu Retro Deluxe Room. Kamar ini cuma ada satu buah yah Guys.. jadi buat yang mau menginap di sini, sebaiknya boking jauh-jauh hari sebab Shine BnB juga sering penuh (apalagi weekend šŸ˜ŠšŸ˜ŠšŸ˜Š).

Retro Deluxe Room punya luas 30m2, dengan dua queen bed. Fasilitasnya mirip dengan Aesthethic Family Room, yaitu TV LED, air conditioner, dan free WIFI Acess. Yang membedakan adalah disediakan sofa untuk dua orang, plus dua kursi santai. Kamar Retro Deluxe Room sangat cocok buat keluarga beranak dua atau rombongan dewasa empat orang.

Kamar mandinya tipe shower dan bathtub. Room amenities-nya antara lain, coffee/tea maker dan slipper buat empat orang, dan yang unik juga dilengkapi air purifier yang cocok buat kondisi pandemi saat ini ya.. Satu clothing wardrobe dan satu working desk panjang juga disediakan pada sisi menempel sejajar LED TV.

Di bawah ini room tour dari kamar Aesthetic Family Room… jangan dilihat kalo takut keracun nginep di sini… šŸ˜‚šŸ˜‚šŸ˜‚

Rate kamar ini cuma berbeda sekitar 100K dibanding Aesthetic Family Room. Jadi, menurut kami sih lebih worthed booking kamar ini skalian kalau menginap bersama keluarga. Buat room rate lengkap tipe setiap kamar di Shine BnB Cianjur, bisa dilihat pada tabel di bawah ini (update per Oktober 2020).

MEAL Time @Ujala Cafe

Di malam hari pertama kami menginap, kami sempat mencoba dinner di Ujala Cafe. Jadi cafe ini lokasinya di dalam Shine BnB Cianjur, satu area dengan lobby hotel. Konsep cafenya juga senada dengan Shine BnB. Menyajikan menu food and beverage yang beragam. Coffee shop ini dari sore sampai malam tiada sepi pengunjung, baik yang sekadar makan minum atau yang datang untuk urusan meeting kecil atau mengerjakan tugas sekolah/kuliah di suasana cafe.

Kami sempat mencoba menu di antaranya Mie Bangkok, Mie Tek-Tek Singapore, Rice Bowl Ujala, Chicken Wings Coffee Sauce, dan Roti Bakar Greentea. Mie Bangkok-nya dilengkapi udang yang besar-besar, sementara Mie Tek-Tek Singapore-nya tampil cantik dengan wadah mangkok dari kulit lumpiah kering. Kedua menu ini tipe hot meal, cocok buat kalian yang demen pedes. Rice Bowl Ujala tentu isinya nasi di dalam bowl, dengan smoked beef, sausage, dan mixed vegetable bersaus lada hitam.

Kalo anak-anak sih lebih suka Chicken Wing Coffee Sauce yang gurih dan rasa bumbunya unik. Meski bumbunya terbuat dari coffee tapi anak-anak suka tuh… sebab nggak terlalu berasa juga kopinya… Tapi karena Chicken Wing ini sepertinya mereka malamnya tidur larut šŸ˜„šŸ˜„šŸ˜„ Sebagai penutup kami coba gurih dan manisnya Roti Bakar Greentea yang pas menyeimbangkan rasa di lidah. Taburan greentea-nya banyak, ditambah kucuran susu kental manis dan greentea leleh, dan rasa asin dari roti dan menteganya, bikin pas di mulut.

Untuk beverage kami cobain Sundae Coffee Blend, Kopsu Havana, dan coffee bottle series Cold White. Paling terkesan dengan Sundae Coffee Blend, yang isinya mix blend antara expresso, fresh milk, hazelnut, butterscotch, flavores caramel dan di atasnya ditaruh whipped cream. Butiran hazelnut-nya crunchy, dikombinasi dengan caramel bikin sensasi kejutan sebelum meminum kopinya. Oh ya, penutup keseluruhan menu adalah Panacotta, semacam pudding khas Italia yang lembut banget… Ini mah kesenangan anak-anak. Rasa yang kami coba ada dua, yaitu red velvet dan bubble gum.

Oh ya, untuk breakfast para tamu hotel, Ujala Cafe juga menyediakan satu ruangan yang menyajikan menu prasmanan. Varian masakannya cukup beragam. Di hari kedua menginap, kami mendapat menu sarapan berupa nasi goreng, mie goreng, dengan lauk ayam goreng dan telor mata sapi. Sementara di kali kedua breakfast, menunya nasi kuning, mie goreng, dengan lauk kering tempe dan ayam goreng. Sajian breakfast-nya sistem prasmanan dan ditata rapi di sepanjang meja.

Menu pelengkapnya ada buah-buahan semangka dan melon, juga french toast dengan berbagai selai, juga bubur kacang ijo hangatt… mmhhh, asyik nih buat menghangatkan perut di pagi hari. Kelengkapan menunya cukup baik untuk memulai hari dengan isian energi tubuh kita. Breakfast ini akan dibuka prasmanan jika ada lebih dari 20 orang tamu yang menginap, tapi jika kurang dari 20 akan diantar ke kamar. Selain itu menu breakfast tiap hari berubah, jadwalnya bisa dilihat di front office. Thanks Shine BnB dan Ujala Cafe yang sudah mempersiapkannya… šŸ‘šŸ¼šŸ‘šŸ¼šŸ‘šŸ¼

Closing Review

Rasanya tidak ada pilihan lain hotel unik apalagi berkonsep tematik yang menyajikan hunian nyaman dan berfasilitas lengkap di kota Cianjur selain Shine BnB. Lokasi hotelnya strategis, di tengah pusat kota, dekat dengan jalan utama dan pusat kuliner kota CIanjur. Shine BnB Cianjur juga menawarkan kenyamanan menginap bagi keluarga dengan pilihan kamar untuk 3 atau 4 orang, ataupun mereka yang berpergian untuk urusan bisnis dengan 1 atau 2 tempat tidur. Buat teman-teman yang mau explore Cianjur ternyata kota ini juga menawarkan wisata yang menarik, seperti curug-curug dan wisata kuliner.

Baca juga:
1. Menelusuri Keelokan Curug Cikondang dan Keindahan Alam Cianjur Selatan

2. Wisata Kuliner Cianjur Enak dan Unik yang Wajib Dicoba

Jangan ragu lagi untuk menginap di Shine BnB Cianjur jika teman-teman memiliki rencana berkunjung ke Cianjur untuk urusan bisnis, keluarga atau sekedar berlibur di kota Cianjur. Fasilitas dan pilihan menu makanannya sangat beragam dan berkualitas untuk disantap. Recommended hotel untuk kota Cianjur dari kami šŸ‘šŸ¼šŸ‘šŸ¼šŸ‘šŸ¼.

Untuk info lebih lanjut dan reservasi, bisa kontak berikut:
Shine BnB dan Ujala Cafe
Jl. Selamat No. 60, Cianjur 43213
Telpon : +62-263-2913226
Whatsapp: +62-821-1881-8080
Handphone: +62-812-2261-6669
Instagram Shine BnB klik di sini.
Instagram Ujala Cafe klik di sini.

6 comments

  1. Overall aku suka nuansa rustic industrial di lobi dan communal area koh, meski di Family Room-nya jadi kurang kentara. Harganya kenapa beda tipis gitu ya, padahal yang Retro Deluxe Room jauh lebih luas dan lebih instagrammable. Suka yang Retro Deluxe Room! Oh iya, muralnya juga cakep.

    Lengkap juga menu cafe-nya dan tetep unik berkreasi dengan bumbu kopi. Bicara soal udara Cianjur, hawanya panas atau sejuk sih?

    Liked by 1 person

    • nah Family Room itu dia ada dua kamar sebetulnya.. yang satu ada sofanya, cuma pas waktu kami nginep yg family room bersofa itu ternyata ada yg extend..

      Iya cafenya banyak menunya, maka ga heran byk org luar hotel yg mampir jg..

      Cianjur ya ga terlalu panas tapi yang ga sejuk jg, tengah2 lahh šŸ™‚

      Like

  2. Kebetulan punya sodara d Cianjur.
    Nnt klo lagi main ke Cianjur mampir ke cafenya cozy bgt, biasanya klo ke Cianjur ga pernah kmn2 karena hanya untuk silaturahmi aja trs emang ga tau daerah sana jg. Hihi.
    Oh iya kak maaf bkin blok ttg dapetin promo hotel dong !! hehe

    Ig : @hendrik.saputra.9212

    Liked by 1 person

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.