7 Tips New Normal Staycation yang Aman dan Nyaman di Masa Pandemi

Hampir empat bulan lamanya kami sekeluarga tidak staycation. Sejak pandemi Covid-19 melanda, kami menahan diri #stayathome. Kami sempat jalan-jalan ke beberapa tempat di alam sih untuk menghindari kebosanan selama #dirumahaja. Cerita perjalanannya bisa dibaca di bawah ini:

Mungkin ada di antara teman-teman yang sampai saat membaca artikel ini malah belum jalan kemana-mana. Ada perasaan ragu untuk bepergian atau pun menginap di hotel. Pikiran, duh aman nggak keluar rumah? Atau kalo nginep di hotel, kamarnya bebas virus nggak yah? Apa jaminannya? Pikiran yang lain mungkin, gimana caranya menjaga diri supaya menghindari tertular virus Corona di tempat kita menginap? Ini sejumlah pertanyaan yang berkecamuk di dalam hati.

Nah, melalui artikel ini kami coba tulis 7 tips new normal staycation yang nyaman dan aman selama pandemi. Artikel ini kami share berdasar pengalaman kami menginap di hotel dari bulan Juli 2020 lalu.

1. Cari Tahu Protokol Kesehatan yang Diterapkan Pihak Hotel

Sebelum menentukan hotel, sebaiknya teman-teman mencari informasi sebanyak mungkin tentang pelaksanaan protokol kesehatan yang dilakukan pihak hotel. Gimana cari tahu infonya? Paling mudah yah akses sosial media hotel yang kita tuju. Jika informasinya belum cukup, bisa juga mencari nomor kontak person dari hotel yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian. Nggak sulit kok untuk mendapatkannya.

Informasi lebih kredibel mungkin bisa didapat dari review orang lain yang pernah menginap di sana selama pandemi. Atau mungkin bertanya pada bagian PR hotel. Biasanya jawabannya lebih bisa dipertanggungjawabkan. Kalo kami karena lebih banyak berhubungan dengan pihak marketing commucation hotel, ya tentu dari merekalah mendapatkan info.

2. Siapkan Perlengkapan Wajib Bawa Selama Pandemi

Sebagian besar mungkin sudah pada tahu alat-alat wajib bawa selama bepergian di masa pandemi. Sekedar mengingatkan, kalian bisa baca listnya pada artikel di sini. Ada tujuh benda wajib bawa yang kami sarankan, plus satu benda lain yang cocok sekali buat staycation, yaitu…. electric pan alias kompor mini listrik! Hahahaa…

Beberapa benda wajib bawa tersebut memang mungkin ada yang disediakan hotel. Seperti hand sanitizer. Bedanya memang kalo kita bawa sendiri kita tidak perlu bersentuhan dengan alat/botol hand sanitizer-nya yang digunakan oleh banyak orang. Jadi, lebih terjamin dan aman lah yahh…

3. Pilih Waktu Staycation yang Tepat

Ya, waktu menginap yang tepat adalah kunci kenyamanan teman-teman selama staycation. Coba bayangkan kalo kalian harus staycation tapi suasana di hotel sedang rame-ramenya. Di lobby saat check-in orang mengantre, yang lain duduk-duduk di sofa lobby menunggu proses check-in. Mau berenang di pool hotel juga banyak yang renang, kita jadi ragu untuk ikut nyebur, akhirnya malah nggak berenang. Ingin nikmati breakfast di restoran, antriannya mengular. Belum lagi khawatir dengan posisi duduk yang berdekatan akibat restorannya padat.

Dua kali staycation selama pandemi, kami selalu minta di weekday. Kebetulan James juga bisa bekerja dari dan di mana saja. Sementara anak-anak bisa PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dari kamar hotel. Yang penting buat mereka asal ada internet yang kenceng, semua bisa dilakukan. Oh ya, perlu cari info juga nih sebelum menginap internet hotelnya bagus nggak? Hehehe.. ada tambahan tuh…

4. Pastikan Kondisi Tubuh Keluarga Kalian Sehat

Kondisi tubuh yang sehat dan fit jadi poin paling penting yang harus kita utamakan. Kalo badan kurang fit, kita jadi mudah tertular karena antibodi tubuh kita menurun. Karena itu, pastikan sehari sebelum menginap di hotel badan kalian fit. Jaga selalu kesehatan badan selama seminggu sebelumnya dengan berolah raga ringan dan menjaga makanan.

Kami selalu mencoba membiasakan anak-anak untuk lebih sering berolah raga beberapa minggu sebelum trip kami. Apalagi kalo long trip, kami sedikit “memaksa” mereka untuk minimal berjalan kaki di pagi hari, 30 menit cukup. Demikian juga dengan staycation, sebaiknya kita persiapkan tubuh kita juga khan…

5. Bersihkan Kamar Sebelum Mulai Digunakan

Nah, prosesi ini kami lakukan sebelum menggunakan kamar. Kami juga memastikan kamar yang minimal sudah sehari tidak digunakan oleh tamu lain. Meskipun hotel sudah melakukan protokol kesehatan dengan melakukan penyemprotan disinfektan sebelum digunakan, kami selalu menyemprot ulang dengan air disinfektan (mengenai air disinfektant sudah kami sebutkan di point nomor 2). Setelah disemprot, kamar kami biarkan dulu selama minimal 15 menit. Saat mendiamkan kamar kosong, kami menggunakan waktu untuk tour fasilitas hotel.

Jika kamarnya punya akses jendela/pintu yang behubungan dengan udara luar, baik jika kita buka dulu supaya aliran udara baru bisa masuk kamar. Ini bagus sebab aliran udara yang terperangkap di kamar juga bisa jadi membawa virus. Oh ya, selain itu kami juga membersihkan bagian-bagian dalam hotel yang banyak kami gunakan. Misalnya meja kerja, kursi duduk, keran wastafel, remote TV dan AC, dan sebagainya. Pembersihannya bisa menggunakan antiseptic wet tissue atau tissue yang dibasahi cairan disinfektan.

Teman-teman juga perlu ingat, jangan naik ke ranjang sebelum berganti pakaian bersih. Jika tidak ada rencana keluar kamar lagi, kalian sebaiknya mandi dulu dan berganti pakaian. Jika terlalu lelah dan ingin beristirahat, bisa menggunakan sofa atau day bed terlebih dulu dan setelah segar kembali, sofanya bisa didisinfektan lagi.

6. Kurangi Penggunaan Fasilitas Hotel yang Melibatkan Orang Banyak

Ya, ini adalah pilihan bijak jika kita terpaksa menginap di hari yang ramai pengujung. Area-area seperti fitness centre, swimming pool, atau fasilitas-fasilitas hiburan lainnya yang banyak digunakan oleh orang umum sebaiknya dikurangi. Bukannya parno, tapi sebaiknya kita menjaga diri karena kunci kesehatan kita sebetulnya bukan pada pihak hotel saja, melainkan pada diri sendiri.

Untuk fasilitas breakfast, jika hotel sedang ramai, mungkin lebih bijak jika kita menggunakan breakfast in room. Selain menghindari keramaian orang, makanan yang disajikan juga bisa kita amankan misalnya dengan memanaskannya sekali lagi dengan electric pan (salah satu alat wajib bawa selama staycation. List lengkapnya baca di sini). Ribet yah? Tentunya, tapi ya semua untuk kebaikan keluarga kita khan. Untuk peralatan makan, kami juga menggunakan sendok garpu yang kami bawa sendiri atau bisa juga dengan mencuci terlebih dahulu peralatan makan hotel atau paling praktis adalah merendam alat makan dengan air panas di dalam gelas minimal selama 60 detik.

7. Mengikuti Protokol Kesehatan yang Diterapkan Hotel

Disiplin diri dan taat pada peraturan adalah kunci menjaga diri dari kemungkinan terpapar virus Corona. Kedisiplinan muncul dari dalam diri sendiri. Saat berada di hotel tempat kita staycation, apakah kita disiplin menggunakan masker selama berada di tempat umum. Apakah kita rajin mencuci tangan? Atau apakah kita taat melakukan protokol yang diterapkan pihak hotel?

Beberapa peraturan khusus yang diterapkan hotel selama pandemi, misalnya pembatasan jumlah orang yang penggunaan swimming pool. Atau bagi tamu hotel yang ingin menggunakan fitness centre harus terlebih dahulu booking jadwal. Nah, dengan adanya aturan-aturan ini apakah kita mau taat atau mau seenaknya sendiri? Kami pernah melihat tamu hotel yang tidak sabaran menunggu dilayani pramusaji saat breakfast. Ini sebetulnya bukan hanya merugikan dirinya sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar. Yuk, mari belajar mendisiplin diri demi kepentingan bersama. Bukan hanya demi diri kita. Mari pikirkan kepentingan bersama!

END OF TIPS

Nah ini dia 7 tips yang kami pikir perlu disampaikan kepada teman-teman. Semoga tips-tips ini buat kalian lebih yakin untuk staycation di hotel. Jika ada pendapat yang lain atau tips baru dari kalian, sila tambahkan di kolom komen. Berbagi itu indah. Have a safe staycation and keep healthy!

168 comments

  1. Perlengkapan tempur sekarang jadi makin banyak ya. Kemarin sy sempet staycation itu hawanya ky org mo pindahan 🤣. Desinfektan spray, HS, ditambah lg bawa vitamin2.. Nice sharing loh tinggal Electric pan aja yg blm

    Liked by 1 person

  2. Dalam masa pandemi ini kadang bosen stay at home, pengin ke bandung tetapi dengan suasana yang tetap bikin kita tetap nyaman dan safety seperti mengikuti protokol kesehatan yg dilakukan oleh hotel ini.

    Liked by 1 person

  3. Dimasa pandemic seperti ini memang benar-benar di uji kesabaran kita untuk tidak bepergian jauh untung nya di emak kota provinsi Riau udah banyak hotel berbintang yang recommended jadi tips2 dari blog jkldiarylife dapat di jadikan sebagai salah satu pedoman atau tips protokol kesehatan

    Liked by 1 person

  4. saya termasuk salah satu penggila staycation, seneng banget baca tips ini… emang skr lebih ribet yaa kalau mau travelling atau staycation, bawaan lbh banyak dan lbh parnoan, tp sebagai pecinta travelling keribetan ga menghalangi kita buat pergi2 tp ttp mengutamakan keaman dengan mematuhi protokol kesehatan.. seru deh baca2 blog n ig nya jkldiary…

    Like

  5. Bermanfaat sekali apalagi untuk aku yang punya balita.
    Berbulan-bulan di rumah memang membosankan tetapi was-was dengan keadaan seperti sekarang.
    Setelah baca artikel ini jadi ada pencerahan untuk staycation tipis-tipis biar tidak mumet di rumah saja.
    Thanks sharingnya 🙏❤️

    Liked by 1 person

      • Content ini bermanfaat sekali, apalagi buat saya yg hobi banget staycation. Just for sharing, saya pernah staycation di hotel bintang 5, yg mana protokol kesehatannya sangat ketat, termasuk pembersihan kamar yg disemprot desinfektan terlebih dahulu, sehingga check in baru bisa dilakukan jam 3 sore. Nah saya yakin, di swissbel Bandung juga menerapkan hal yg sama. Asik ya kalau bisa staycation di Bandung.

        Liked by 1 person

      • Wah iya.. bagus ya sangking ketatnya sampai check in jam 15.. thanks buat sharingnya kak.. semoga bermanfaat jg buat yg lain.

        Salam sehat dan stay safe yah kak

        Like

  6. Tips nomor 5 sangat membantu sekali, karena mungkin hanya sebagian orang yang akan meninggalkan ruangan kamar sktr 15min setelah di semprot disinffectant. Sangat inspiratif, aku akan lakukan jg hal seperti itu. Thank you loh ide2 nya yang segar ini.

    Liked by 1 person

    • Ya kak.. memanfaatkan waktu tunggu disinfektan dgn tour hotel.. biar tidak ada waktu terbuang kak😊😊 thanks ya sdh mampir kak.. kalo ada pengalaman baru jgn lupa share dgn kamo jg

      Like

  7. Bagus banget,keren ,dengan ada nya protokol kesehatan yang ketat memungkinkan kita jadi terhindar dari Covid-19 yang sekarang sedang merajalela

    Liked by 1 person

  8. Terimakasih Tips Tips nya sangat menginspirasi dan sangat bermanfaat ka. Karena selama ini kita butuh piknik biar ga panik butuh refresing biar ga suntuk karena mungkin slama pandemi kita di rumah aja. Dan di new normal ini rasanya jiwa travelling mulai gejolak lagi dan pastinya tetap menjalankan protokol yg ada.Dan setelah baca Tips dari blog ini tentunya sangat menginspirasi 🙏🥰 karena kita bisa menyiapkan apa saja yg harus dibawa dan di lakukan selama travelling d new normal ini.

    Oiya ka mau nanya dong Bagaimana cara Alokasi seputar budget, dan cara Cari tiket dan hotel dengan harga terjangkau dan Aman di new Normal ini??

    Liked by 1 person

    • Makasih banget info nya ga kepikiran tuh buat bawa panci listrik hehehe… 😂 btw bikin artikel yg bahas beberapa hotel mewah harga meriah di kawasan Bandung donk. Karena masa pandemic gini enaknya emang staycation 😊

      Liked by 1 person

  9. sangat bermanfaat sekali .. apalagi saya punya dua batita yg rentan sekali kena virus .. pengen liburan tapi masih was2 sama pandemi .. mudah2an pandemi cepat berlalu 🙂

    Liked by 1 person

  10. Setelah baca artikel ini saya jadi ga terlalu parno buat staycation di hotel, sangat membantu sekali. Jujur aja ga mau nyari hotel yg jauh , tp lebih ke yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, semua kembali pada diri masing-masing, semoga sehat selalu dan pandemi segera berlalu, aamiin

    IG @joediyakti

    Liked by 1 person

    • Makasij kak sdh mampir.. iya mmg ribet bawaan zaman pandemi ini, tp ya mau ga mau.. meski ribet yg penting happy kak..😊

      happy staycation and stay safe ya👍🏼

      Like

  11. Bulan lalu memberanikan diri membawa keluarga untuk pergi ke pangandaran, dengan bekal informasi yang ada dan istri yang sangat parno membawa kebutuhan dan new normal kit, saya juga mencari tau hotel yang menerapkan protokol kesehatan. Saya jg berangkat pada waktu yang tdk ramai orang. Alhhamdulillah bisa jalan jalan dengan aman.

    Liked by 1 person

  12. Yeayy kebetukan banget baca tips keren buat staycation di masa pandemi kek sekarang gini. Banyak points yang relate banget sama keluargaku hihi, makasiih banyakk ya cikk tipsnya 😊😘

    Liked by 1 person

  13. Sebagai mommy satu anak yang lagi aktif2nya , tips macam ini berguna bangett cikkk dan pas banget pulaaa mau staycation, duhhh makasiih bangett yaa cikkk Tipsnyaa

    Liked by 1 person

  14. Wowww..
    Thank u banget yah buat tips and trik menginap di pandemi..
    Mari semangat menerapkan protokol kesehatan..
    Dan semoga pandemi ini segera berlalu..
    Aminnn

    Liked by 1 person

  15. Iya betul banget nih.. Apa lagi yg membawa anak anak.. Peralatan tempur hrs selalu di bawa.. Hand sanitaizer , masker, face sheld , tisu basah,,, berasa bawa baby lagi yaaa 🤭
    Tapi demi keamanan dan kesehatan bersama.. Barusan q juga pergi ke taman safari.. Protokol kesehatan di sana ketat banget.. Smpk ada satgas nya lho.. Yg jaga n ngingetin pengunjung yg bandel lepas masker..

    Like

  16. Aq punya anak balita, dan kadang suka was-was kalau mau staycation kaya gini. Tapi liat tipsnya jadi bikin kita aware dan tetap proteksi diri saat Staycation..

    Liked by 1 person

  17. Haii… Ka hal apa aja yg mesti d perhatiin apalagi ada anak kan, msh dlm situasi pandemi gini tpi ingin tetep staycation gitu dan apa aja sih yg mesti kita bwa biar ttp stay safe , stay healthy gitu ,mksh 😊😊

    Liked by 1 person

    • Yang paling penting ya menjauh dari kerumuman.. Lalu anaknya sbelum staycation juga diwanti2 untuk mengurangi menyentuh barang2, apalagi bermain dengan anak lain. Tentu yang paling penting dilatih pakai masker atau minimal face shield yah..

      semoga itu membantu selain tips2 yg sudah kami berikan di artikel ini. Salam sehat selalu.

      Like

  18. wah seruseru tentunya aku yang suka traveling sangt bermanfaat semua jadi tauu sebelum pergi liburan tuh dan ga binggung nyari kemananya karna selalu liat kaka traveling seneng sekali rasanya sehatsehat kaka🤩

    Like

    • ga selalu sih kita jalan2, skrg jg sudah dibatasi mengingat kondisi… tapi ya selama travelling harus disiplin dan jaga diri selalu.

      thanks sdh berkunjung dan kasi komentar ya. Salam sehat selalu

      Like

  19. Thankyou kak tips nya sangat bermanfaat sekali , tp kalo untuk bawa panci menurut aku aga ribet ya karna kmaren waktu staycation 1 hari udh kaya org mau pindahan gak pulang2 hahahaha kalo aku lebih ke masak popmie sih lebih praktis xixixi kalo untuk tips lain2nya sangat2 bermanfaat Thankyouu yaaa🖤semoga kaliini menang staycation dihotel yg aku idam2kan dr duluuuu

    Liked by 1 person

  20. Wah sangat bagus pencerahannya bapak james, tips ini cocok buat saya yang hanya mengandalkan staycation hotel selama wabah penyakit dmana mana. Info berharga ini harus kita ulang ulang tiap hari agar menjadi kebiasaan sehat kita. Dengan ada nya artikel ini setidak nya membuat saya pribadi jangam lengah dalam menerapkan prokes. Terimakasi bapak james.

    Liked by 1 person

  21. Infonya penting sekali, apalagi di saat pandemi seperti ini. Beberapa kali staycation tahun kemarin, saya sudah menerapkan semua poin, kecuali poin nomer 5. Bukan karena apa-apa, tapi selalu lupa, karena sampai kamar hotel udah tergoda rebahan duluan 🥴 keburu mager. Terimakasih sudah diingatkan, semoga ke depannya saya tidak lupa lagi.

    Liked by 1 person

  22. Wah informasi yang penting banget nih kak, di masa pandemi kaya gini kalau mau staycation memang harus lebih banyak ya bawaan nya, dan setelah baca blog kk ini aku jadi kepikiran mau beli electric pan seperti yang kakak kasih tau disini, biar makanan pun terjaga kebersihannya. Terima kasih ya Kak sudah share informasi bermanfaat seperti ini. Semoga kita semua sehat selalu. Amin 🙏😇

    Liked by 1 person

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.