7+1 Benda Wajib Bawa Saat Bepergian di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 di Indonesia masih berlangsung. Sejak pemerintah RI mengumumkan kasus pertama positif Corona di bulan Maret 2020, hingga saat artikel ini dituliskan angka penderitanya masih terus bertambah… mengkhawatirkan juga yah buat yang mau pergi-pergi.. 😥😥😥

Keluarga-keluarga yang merencanakan liburan terpaksa menunda keinginan mereka demi kesehatan seluruh anggota keluarga. Namun, mungkin juga ada yang terpaksa melakukan perjalanan karena tugas kantor atau ada pekerjaan/kunjungan yang tak terhindarkan.

Nah, di artikel kali ini kami coba list benda-benda yang wajib dibawa saat terpaksa melakukan perjalanan ketika wabah Corona masih belum dikendalikan. List ini juga bisa jadi patokan barang bawaan wajib di masa #newnormal. Sekarang kita lagi siap-siap memasuki era #newnormal (norma hidup yang baru) sebab itu, kami coba daftarkan beberapa barang yang menurut kami paling penting untuk dibawa selama terpaksa keluar rumah 😊😊😊:

1. Masker

Ini sudah jadi barang wajib dibawa kemana-mana sekarang yah… bahkan cuma untuk pergi ke warung di kompleks rumah kita. Kalo dulu beredar kabar harus masker medis, sekarang masker berbahan kain pun sudah lumayan aman digunakan. Bentuknya juga sudah sangat bervariasi dan banyak pilihan model. Dari ukuran dewasa sampai anak-anak begitu mudah didapatkan. Masker wajib dibawa karena menghindarkan penularan virus Corona melalui cipratan air liur (droplets) saat kita berbicara dan udara.

2. Termometer

Termometer penting untuk mengukur kondisi suhu tubuh kita sekeluarga selama perjalanan. Fungsi termometer modern cukup mudah, hanya ditempel 2-3 detik atau kalo ingin yang lebih praktis bisa gunakan termometer bercahaya laser yang ditembak ke dahi, cuma harganya lebih mahal yah… Kami sendiri cukup puas memakai tipe yang ditempel di dahi. Selain lebih praktis dan presisi, termometer ini juga hanya perlu waktu sebentar untuk mengukur suhu tubuh dibandingkan termometer air raksa.

3. Hand Sanitizer

Hand sanitizer perlu digunakan jika kita kesulitan menemukan tempat cuci tangan. Sebaiknya memang digunakan hanya pada saat kepepet saja, sebab terlalu sering menggunakan hand sanitizer menyebabkan tangan kering. Dulu saat pertama Covid-19 muncul, harga hand sanitizer melambung tinggi. Namun, sejak produknya sudah banyak beredar di pasaran, harga menjadi normal kembali. Bawa kemasan botol kecil di tas travelling kalian. Untuk botol besar bisa ditaruh di tempat terlindung di dalam mobil atau koper travelling agar tidak rusak oleh panas matahari.

Baca juga:
1. 5 Ide Liburan Keluarga Setelah Pandemi Corona Berlalu

2. Tips Travelling Berkendara Mobil Jarak Jauh dengan Balita

3. Rekomendasi Hotel-hotel di Bandung dengan Rate Menginap di Bawah 400K

4. Alat Makan

Alat makan juga penting dibawa selama travelling. Kita tidak tahu alat makan yang disediakan restoran atau tempat makan yang kita kunjungi apakah dibersihkan dengan baik atau tidak setelah dipakai orang lain. Bahkan jika perlu bawalah sedotan sendiri. Di toko-toko online sekarang banyak dijual set peralatan makan yang terdiri dari sendok, garpu, sumpit, dan sedotan berbahan stainless steel. Peralatan set ini juga dilengkapi sikat pembersih sedotan. Harganya tidak terlalu mahal mengingat fungsinya yang bisa dipakai berulang kali, yaitu antara 50K-100K per set.


5. Antiseptic Wet Tissue

Tissue basah antiseptic fungsinya mirip hand sanitizer, cuma memang nggak bikin tangan kering. Kami juga pakai wet tissue untuk meng-lap keranjang belanja atau trolly supermarket dan benda-benda di tempat umum yang terpaksa kami harus pegang. Ingat, di pasaran juga banyak wet tissue yang tidak antiseptic. Jangan salah beli. Kemasan per 10 lembar bisa dimasukkan ke tas bawaan kalian. Sementara ukuran yang besar bisa disimpan di mobil atau koper travelling kalian.

5. Sabun Cuci Tangan

Cuci tangan adalah salah satu cara yang harus rutin dilakukan untuk menghindari tertular virus. Namun terkadang, di tempat umum belum tentu ada fasilitas mencuci yang lengkap, misal sabunnya habis. So, membawa sabun cuci tangan sendiri adalah keputusan bijak. Cukup bawa di botol kecil atau sabun ukuran kecil (kami pakai yang sisa hotel amenities 😁😁😁). Atau kalian juga bisa beli di toko online sabun mini kertas (isi 1 pak ada 20 lembar sabun), harganya skitar 5-7K per pack

6. Larutan Disinfektan

Benda ini belakangan mulai banyak dijual. Pembunuh virus/kuman dalam tabung aerosol semprot. Bentuk yang lain dijual dalam cairan literan dan bisa dipindahkan ke botol-botol sprayer kecil. Perhatikan komposisinya, yang kami beli ini produk minimarket Indomaret dengan kandungan alkohol. Cuma perlu diingat! Larutan disinfektan berbeda fungsinya dengan antiseptik. Antiseptik aman digunakan pada tubuh manusia, sementara larutan disinfektan hanya untuk dipakai pada permukaan benda-benda mati. Larutan disinfektan tipe air (udara) cocok buat kalian yang berencana menginap di hotel. Bisa disemprotkan sebelum menggunakan kamar.

7. Plastik Belanjaan, Plastik PP/PE, dan Tote Bag

Membawa plastik sendiri atau kantong belanjaan lipat juga merupakan hal yang baik untuk mengurangi resiko penularan Covid-19. Kita tidak tahu bagaimana kondisi plastik yang digunakan oleh supermarket atau penjual makanan apakah masih baru dan higienis. Membawa plastik/kantong belanjaan baik karena kita tahu kondisi kebersihannya karena kita sendiri yang menangani kebersihannya. Selain itu plastik belanjaan atau plastik PP/PE (bisa yang berzipper) juga bisa dipakai utk tempat menampung sementara masker yang sudah kita pakai sebelum dicuci atau alat makan kotor yang habis digunakan.

Kantong belanja lipat (kondisi terlipat seukuran 1/3 kertas A4)
Tote bag & plastik PP/PE

Selain ketujuh benda tersebut di atas, kami juga menambahkan satu benda lagi yang cocok untuk dibawa untuk konteks bepergian saat liburan (vacation) ataupun staycation di hotel. Apa itu bendanya?

1. Electric Portable Pan

Benda ini kami anggap penting dibawa saat travelling karena fungsinya bisa untuk menghangatkan makanan, baik dengan cara dipanaskan di atas wajan teflon atau di dalam wadah kukusan. Setelah teman-teman membeli makanan (take away), untuk keamanan dari kemungkinan adanya virus, sebaikya dipanaskan menggunakan electric pan ini.

Pan listik ini kami beli di toko online orange. Harganya saat promo sekitar 70K (harga normal sekitar 90K-110K). Ukurannya yang kecil, berdiameter 18cm memudahkan untuk dibawa-bawa. Pan atau wajan ini membutuhkan listrik tegangan 220 volt dan ringan untuk dibawa-bawa.

Electric pan juga bisa digunakan untuk memasak. Kami pernah mencoba memasak mie instan pack biasa (bukan mie instan gelas yah…), hasilnya sama seperti kalo kita memasak di atas kompor. Praktis kan! Setelah digunakan, membersihkannya juga nggak sulit, kita hanya perlu sedia sabun cuci piring dalam botol kecil. 

Electric Portable Pan

Nah, inilah semua list benda yang menurut kami paling basic harus dibawa selama perjalanan di tengah pandemi Covid-19. Semoga jadi insight baru buat teman-teman yang harus/terpaksa keluar rumah untuk mengerjakan sesuatu atau karena keperluan mendesak.

Stay healthy yah Guys! And keep clean…

55 comments

    • Kita tahu akhir akhir ini virus corona emang bikin deg deg ser, tapi dengan kita mematuhi protokol kesehatan dengan memamakai masker , selalu mencuci tangan dan membawa perlengkaPan yang sdh di sebutkan tadi di atas, mudahan kita. Bisa terjaga imun tubuh kita dan bisa berlibur bersmaa kel dmgan tenang..

      Liked by 1 person

  1. Sangat penting sekali membawa semua peralatan ini ..
    Dan jangan lupa juga buat slalu jaga jarak dan slalu menghindari kerumuman untuk mencegah covid-19 ..
    Slalu menjaga kesehatan juga yaa☺️
    Semoga covid-19 segera berlalu 🙏🙏🙏
    Terimakasih sudah mengingatkan kembali untuk slalu membawa peralatan kesehatan

    Liked by 1 person

  2. Sangat penting sekali membawa semua peralatan ini ..
    Dan jangan lupa juga buat slalu jaga jarak dan slalu menghindari kerumuman untuk mencegah covid-19 ..
    Slalu menjaga kesehatan juga yaa☺️
    Semoga covid-19 segera berlalu 🙏🙏🙏
    Terimakasih sudah mengingatkan kembali untuk slalu membawa peralatan kesehatan yang sesuai dengan protokol kesehatan 🙏🙏
    .
    Instagram : @jennyf_160315

    Like

      • Noted banget sih ini harus dan wajib banget di bawa pas kita liburan.. Apalagi yang bawa kurcil pasti lebih extra buat jagain mereka… Tengkyuuu kaa buat artikelnya ini.. Serius ini wajib banget di ketahui oleh seluruh orang di dunia yang ingin vacation di masa pandemic begini..
        Tapi walapun sudah tidak ada virus.. Barang2 ini pun masih sangat amat berguna buat kita…

        Liked by 1 person

  3. Wow sangat bermanfaat nihhhh….apalagi ide buat bawa electric pan sepertinyaa aq juga hrus beli deh….
    Membantu bgt apa2 saja yg hrus d bawa saat pepegiaan dan tdr d hotel di msa pandemi ini …
    Sukses terus cici dan koko….
    Semoga sehat selalu
    Aku si pemilik ig gemalinkhalilah😊

    Liked by 1 person

  4. Noted bgt ini maah sangat bermanfaat tipsnya ..dan spertinya aku pun mw beli electric pan buat angetin makanan supaya ttp steril yaaa….aplgi d masa pandemi ini duhhhhhh hrus segala steril yakaann….
    Thx cici dan koko tips2 nya…
    Sukses dan sehat selaluuuu…
    Aku s pemilik akun ig @gemalinkhalilah

    Like

  5. Wahh… Bener banget kak karena lg pandemi seperti ini, kita harus banyak persiapan yg di bawa yaa apalagi ajak bocil bocil hehe harus extra semuanya , penting banget peralatan ini di bawa yaa…
    Artikel ini bermanfaat bgt, Bagus bgt kak… Semoga kita selalu di berikan kesehatan terus yaa , semoga covid segera berlalu…

    Harus tetap ikuti protokol kesehatan ya untuk menjaga diri dan keluarga ❤️❤️

    Terima kasih kak, sudah mengingatkan hal hal penting seperti ini.. 🥰

    Instagram : @septiyana_septi

    Liked by 1 person

    • Entah kenapa kalo nginep2 di hotel gitu bawaan nya pasti pngen bikin mie/ makan mie di kamar hotel..
      Kalo.ribet minimal pasti bawa pop mie buat diseduh..
      Berasa beda gitu rasa mie nya juga..
      Lbh enak dinikmati..
      Pokoknya kalo nginep di hotel tp blum makan mie instan itu seperti makan sayur tanpa garam..
      Hahaha ini pendapatku ya..
      Kalo pendapat kakak bagaimana nih??

      Liked by 1 person

      • Ahahaha.. rupanya kakak mie lover nih.. kalo kami ga harus bawa sih, tapi mmg mie enak buat darurat pas lapar, paling gampang ya bkin mie wkwkwkw..

        Btw, thanks sdh berkunjung

        Like

  6. wowww,,, bermanfaat sekali, bnr hrs well prepare apalagi bawa anak2, dan kita butuh bgt refreshing, karena situasi skrng yg bnr2 bikin mood naik turun, iya ga tau knp ya tiap bepergian mie wajib di bawa atau sereal2 cepat saji, 😁😁

    Liked by 1 person

  7. Ketemu tips yang bermanfaat banget, kebetulan saya dan keluarga sangat senang traveling atau hanya sekedar staycation karna yang penting buat kita itu kualitas kebersamaan. Kemarin sempet kebingungan juga tiap bepergian selalu aja ada yang kurang agak was-was tiap mau makan diluar karna dapat berinterasksi jarak dekat entah emang mengabaikan sosial distancing. Ide membawa peralatan masak dari rumah udah paling cemerlang deh hehehe. Selain aman kita bisa menghemat budget juga kan.

    Liked by 1 person

  8. Wahh inspiring bgt blognya kak, biasa klo mau safe staycation tu plg cm inget bawa masker sm handsanitizer dam disinfektan lhoo. Jd bru masuk kamar sblm pegang2 auto semprot2 kan tuu pake air disinfektan, mana kepikiran bawa sgala tas lipet dan panci electric itu lho. Pencerahan bgt ni buat aku yg suka staycation kan panci itu, jd abis gofood makanan lgs dikukus aja atau diangetin di panci itu biar liburan jg tenang ya kan. Ditungfu blog2 inspiring lainnya buat safe staycation ya kak

    Liked by 1 person

  9. Bener setuju banget , kunci new normal yaitu disiplin , dimulai dari diri kita , kelihatan nya repot ya 😁 tapi itu akan jadi alat perlindungan kita disaat pergi keluar rumah 👍👍

    Liked by 1 person

  10. Udah hampir 8 bulan nggak kemana-mana, bosen pastinya. Thanks JKL Diary untuk tips2nya yang oke banget. Gak sabar pengen staycation dan praktekin cara2 dt JKLDiary.

    Liked by 1 person

  11. Halo kak, mau tanya, untuk electric pan apakah aman digunakan di kamar hotel ka? apakah tidak pengaruh ke daya listrik hotel dan alarm kebakaran? karena aku berencana untuk bawa electric pan tapi takut tegangan listriknya tidak kuat

    Liked by 1 person

      • Wow…. Emak2 wajib tau nih. Bawaan wajib dimasa covid ini. Keren.. Kemarin2 cuma persiapan masker, hs, tissu, alat makan, sabun aja… Ide electric pan nya bisa juga. Keluarga yg menginspiratif 😍😍

        Makasih kak james dan keluarga. Salam sehat selalu

        Liked by 1 person

  12. Dimasa pandemi gini emang wajib bgtsih yaa membawa alat alat tsb untuk menjaga keamanan, keselamatan keluarga agar menghindari dari virus.. Sehat selaluu kak sekeluargaaa🙏❤

    Ig : daiesheryani

    Liked by 1 person

  13. wah info2nya sangat bermanfaat 👍👍 kebetulan saya juga seneng nginep dihotel☺☺ oia Mau tanya kalo staycation di masa pandemi gini aman ga kalo pake handuk yg disediakan oleh hotel? Apa sebaiknya bawa sendiri ya?

    Liked by 1 person

    • Ya sejauh ini kami sdh bbrp kali staycation aman2 aja sih kak, karena handuknya kan jg sdh dicuci san masih baru.. kalo handuk bekas kan keliatan beda ya kak..

      Tapi tetap jaga diri selalu dgn prokes ya kak. Salam sehat selalu

      Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.